Ekstrakurikuler Pramuka Wajib Resmi Dibuka di SMAN 2 Rejang Lebong.

0
388

Kegiatan ekstrakurikuler wajib Kepramukaan resmi dibuka di lapangan SMAN 2 Rejang Lebong pada hari ini, Sabtu 22 Oktober 2022

Kegiatan upacara dimulai sekitar pukul 07.15 WIB. Sebelum kegiatan dimulai, seluruh siswa dan siswi berkumpul sesuai barisan masing-masing secara tertib dan rapi dengan dibantu oleh para pembina dan pembimbing masing-masing kelompok barisan.

Kegiatan upacara diawali dengan acara pemukulan dol dan upacara adat. Untuk petugas upacara pembukaan ekskul wajib ini adalah para anggota ekstrakurikuler Pramuka Pramayana Papati. Kegiatan ini juga dihiasi dengan Plonering, pembacaan Tri Satya, pembacaan Dasa Darma Pramuka, hingga pembacaan Sandi Ambalan Pramayana Papati.

Seluruh rangkaian kegiatan ini diikuti oleh semua peserta dengan antusias. Terlihat pada saat pembina upacara meresmikan pembukaan ekstrakurikuler Pramuka, semua siswa ikut serta meramaikan kegiatan ini dengan menyanyikan lagu-lagu Pramuka.

Ekstrakurikuler Pramuka merupakan kegiatan wajib yang diikuti oleh semua siswa. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Bapak Rahmat Purwanto selaku pembina kegiatan upacara ekstrakurikuler wajib Kepramukaan.

“Iya, sesuai Peraturan Menteri bahwa kegiatan ekskul wajib ini adalah kegiatan yang wajib diikuti oleh semua siswa SMA Negeri 2 Rejang Lebong. Kita nanti akan kerja sama dengan berbagai pihak terutama OSIS, kemudian ekskul Pramuka dan ekskul Paskib, kemudian juga dengan guru-guru Pramuka dan pembina-pembina lainnya,” Kata Pak Rahmat.

Kegiatan ini pun disambut dengan baik oleh semua warga sekolah, baik guru maupun siswa. Bahkan, dari pihak sekolah mengatakan bahwa kedepannya akan melakukan upaya-upaya agar ekstrakurikuler ini berjalan dengan lancar.

Melalui kegiatan ini diharapkan agar semua siswa warga sekolah baik guru, siswa maupun siswi bisa memiliki jiwa Kepramukaan dalam dirinya untuk menumbuhkan sikap nasionalisme yang sudah mulai luntur dimasa sekarang.

“Harapannya nanti kegiatan seperti ini bisa dilaksanakan setiap minggunya, jadi nanti semua siswa bisa memakai atribut Pramuka yang lengkap. Nanti kan semua siswa bisa datang tepat waktu dan mempunyai sikap membantu orang lain,” Ujar Yusup, Pradana ekstrakurikuler Pramuka.

Menurutnya, dengan adanya kegiatan Pramuka ini, semua siswa bisa memiliki karakter dan jiwa Kepramukaan dalam dirinya sehingga bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. (JS.NKH)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini